Kamis, 25 Februari 2010

Relic gallery: Coins

Mata uang koin sudah beredar sejak masa Izarut memerintah dunia. Waktu itu, koin masih belum digunakan secara luas sebagai media transaksi, dan masih ada beberapa bangsa yang menggunakan barter untuk kegiatan perdagangan mereka. Izarut ingin mengembangkan bangsa semacam ini dengan membantu mereka berdagang dengan bangsa lain. Dia ingin bangsa dwarve mengajarkan cara mencetak uang koin kepada bangsa-bangsa ini, mereka setuju tapi bangsa dwarve tidak ingin perak, emas, dan terutama mythril mereka yang berharga digunakan sebagai bahan utama.

Sebagai gantinya bangsa dwarve menyarankan menggunakan logam yang mereka sebut sebagai electrum. Electrum mudah terbentuk secara alami, mudah dibuat menjadi berbagai bentuk dan nilainya cukup murah sehingga para dwarve tidak keberatan menggunakannya sebagai bahan utama. Izarut setuju dan memerintahkan dwarve mencapurkan sedikit emas dan perak ke dalam logam electrum untuk membedakan nilai mata uang koinnya. Dia sadar dwarve tidak akan pernah mau berbagi mythril dengan manusia. Akhirnya kedua jenis koin in dibuat, mata uang perak disebut lucre sementara mata uang emas, yang lebih berharga disebut creon.

Dengan segera koin-koin ini disebarkan ke seluruh penjuru kerajaan. bentuk resmi koin ini memiliki lambang huruf I dan C bertumpuk di satu sisinya dan segel resmi Izarut berupa kepala singa bertaring pedang disisi lainnya. Sedikit demi sedikit setiap barang dihargai dengan koin ini dan peredarannya menjadi semakin luas. Kemudian dibentuklah standar nilai tukar dimana 20 lucre sama dengan 1 creon. Walaupun nilai suatu barang dihargai berbeda di tanah yang berbeda pula, standar penukaran uang ini diterima sama di semua tempat.

Ketika kerajaan Izarut hancur dan wilayahnya terpecah-pecah, koin ini akhirnya dibuat dalam berbagai macam versi, oleh berbagai kerajaan yang ada. beberapa masih mempertahankan lambang huruf I dan C sebagai penghargaan kepada Izarut, sementara yang lain menggunakan lambang kerajaan mereka sendiri. Lama kelamaan lambang koin ini menjadi berbeda sama sekali dengan lambang asli pada masa Izarut, tapi seperti apapun bentuk dan lambangnya koin ini masih diterima sebagai alat tukar utama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar