Rabu, 13 Mei 2009

Ancient magic: Elements

Oke, setelah kemarin mbahas tentang setting negara, sekarang aku bakal bahas system sihirnya. Pertama-tama aku jelasin dulu kalo sihir dalem novelku ini ada banyak macemnya. Sihir yang dipakai orang yang tinggal di daerah timur bisa beda banget sama sihir yang dipakai di daerah barat. Sekarang aku bahas system sihir yang sudah ada dari jaman dulu di dunia project Izarut. Dimulai dari elemennya dulu.

Sihir ini adalah sihir yang dipakai sama penduduk asli Selena, sebelum akhirnya dikalahkan oleh bangsa Briscantine.

Darkness
The quick and easy path is the dark path

Sihir elemen ini adalah sihir yang pertama kali diajarkan kepada orang yang ingin belajar ancient magic. Sihir elemen kegelapan ini mudah digunakan, cepat dirapal, dan memiliki banyak kegunaan. Sihir dari elemen ini memiliki berbagai macam jenis, mulai dari teknik membaca pikiran, melihat kejadian di tempat yang jauh, hingga sihir-sihir penyiksaan.

Walaupun beberapa orang menganggap sihir elemen ini termasuk sihir yang kejam dan tidak sopan, para murid harus mempelajari dasar dari elemen ini dulu sebelum mempelajari elemen lain. Hampir tidak ada orang yang bisa menguasai elemen lain sebelum mempelajari elemen kegelapan. Untuk menjaga keamanan dan kewarasan murid, sihir kegelapan tingkat tinggi tidak diajarkan pada awal pelajaran mereka.

Fire
I can be your best friend, or your worst enemy

Sihir api adalah sihir yang bersifat destruktif. Semua sihir elemen ini difokuskan untuk menyerang lawan sekuat dan secepat mungkin. Karena itu, sihir ini juga termasuk sihir yang sangat cepat dirapal dan paling umum digunakan. Pengguna sihir ini adalah mereka yang percaya bahwa pertahanan terbaik adalah penyerangan yang kuat.

Walau begitu, pada tingkat yang lebih tinggi, sihir ini termasuk sulit dikendalikan. Penyihir pemula yang terlalu bersemangat melatih sihir elemen ini seringkali mendapati sihirnya berbalik menyerangnya sendiri. Karena itu beberapa sihir elemen api disegel dan hanya mereka yang dianggap mampu yang diperbolehkan menggunakan sihir tingkat tinggi tersebut.

Wood
Just one strike and he won’t be back

Walau termasuk dalam klasemen sihir agresif, cara sihir ini untuk menyerang berbeda dengan sihir elemen kegelapan atau api. Sihir elemen kayu tidak menyerang lawan secara langsung, melainkan memperkuat diri terlebih dahulu untuk kemudian menyerang lawan sekuat tenaga. Karena itu sihir yang umum terdapat pada elemen ini adalah sihir untuk memperkuat diri atau memperlemah musuh.

Selain itu sihir ini juga memiliki berbagai macam racun yang bisa dioleskan secara magis pada senjata, sehingga tidak terdeteksi oleh mata. Sihir racun yang terdapat pada elemen ini tidak mampu ditawarkan dengan penawar racun biasa, hanya bisa dengan sihir.

Earth
Merciful protection from all aggression

Sihir yang bersifat paling defensive dibandingkan dengan sihir elemen lannya. Elemen tanah sangat ahli dalam perlindungan. Bahkan bisa dikatakan tidak ada yang mampu menembus perlindungan pengguna sihir elemen tanah terkuat.

Selain melindungi secara fisik, sihir ini juga mampu melindungi seseorang dari serangan magis. Sihir ini juga adalah satu-satunya sihir yang mampu melawan sihir ilusi. Walau begitu sihir ini adalah sihir yang membutuhkan waktu paling lama untuk dirapal, sehingga beberapa orang lebih memilih untuk menghindar saja.

Water
All’s fair in love and war

Elemen air adalah elemen yang bersifat manipulatif dan ilusi. Elemen ini mengalahkan lawan dengan mengecohnya, membuatnya berpikir bahwa kawan adalah lawan dan yang dekat tampak menjadi jauh. Pada akhirnya pengguna elemen air mampu mengalahkan lawannya tanpa ia perlu mengangkat sebelah tangannya.

Selain ilusi, sihir ini juga mampu mengubah arah serangan, sehingga sasaran yang terkena justru kawan sendiri. Karenanya ia paling ahli melawan elemen api yang rata-rata sihirnya berupa serangan jarak jauh. Sihir ini, pada tingkat yang lebih tinggi, juga mampu melihat masa depan walau tidak akurat.

Light
The road of kings requires sacrificial of beloved things

Sihir elemen cahaya disebut sebagai sihir dengan elemen terkuat, walau banyak juga yang meragukannya. Seperti elemen kegelapan, sihir ini juga memiliki banyak kegunaan. Mulai dari menyembuhkan luka, memberi perlindungan, menyingkap tabir rahasia, hingga memberikan serangan mematikan.

Walau begitu, penggunaan elemen cahaya tidak sepraktis elemen kegelapan. Rapalannya terlalu memakan waktu dan beberapa kegunaannya sering bisa didapatkan pada sihir elemen lain. Walau sihir tingkat awal elemen ini terbilang lemah, sihir tingkat tingginya mampu menggoyahkan keberanian dihati lawannya.

8 komentar:

  1. Sistem sihirnya beda dari fantasi kebanyakan, ya... Gw komen satu2:

    Darkness
    Menurut gw ini sihir yg termasuk kategori sakti, tapi.. Kesannya kok gampang banget dipelajari, trus nge-cast sihirnya cepet amat. Kalo pendapat gw, lebih baik bikin sihir elemen ini susah dipelajari, nge-cast ga cepet2 amat, trus boros MP.

    Fire
    Ng, ini bentuk sihirnya ngeluarin api?

    Wood
    Kayaknya lebih cocok kekuatan2 elemen ini dimasukin ke elemen Light.. Trus kalo denger sihir elemen wood, gw pasti bayanginnya orang yg bisa ngendaliin taneman, akar pohon, dsb.

    Earth
    Udah oke, tapi pertanyaannya sama kayak yg elemen api. Bisa bikin gempa bumi ato Earth Spike? :D

    Water
    Udah oke juga karena air bisa berubah jadi kabut & embun yg identik dengan ilusi.

    Light
    Sangat sesuai bayangan :D

    BalasHapus
  2. Ya, sebagian besar konsepnya emang sesuai sama yang ada dalem kepalaku. Maslaah elemen darkness, yang dipelajari diawal2 itu sihir dasar kaya ngeliat jarak jauh, ngeliat yang ga bisa diliat mata, dll. Kalo yang bisa nyerang itu level tinggi. Ga semua murid belajar itu.

    Kalo tanya model serangan tiap elemen, emang ada mirip2nya sama jenis elemennya. Fire serangannya pake api, Earth ngelindungin pake tanah yang mencuat keluar, dll.
    Elemen water benernya juga ada serangan fisiknya, cuman berhubung fokusnya bukan disitu jadi ga aku sebut. (Ato harusnya aku sebut aja ya?)

    Light sesuai bayangan? Emang tipikalnya light itu kaya gitu ya? :D

    BalasHapus
  3. Kesimpulannya elemen darkness sihir yg paling sakti diantara semua elemen, ya?

    Ah, yg soal elemen light gw terpengaruh sama MMORPG^^ Yg jobnya priest gitu2 kan elemennya light.

    BalasHapus
  4. Bukan yang paling sakti sih. Sihir darkness itu yang paling mudah dipelajari, sihir2 awal juga ga kuat2 amat malah dikit yang ofensif. Sihir tingkat tingginya bakal lemah ngelawan elemen light.

    BalasHapus
  5. om..boleh ikutan g?..saya kebetulan fanatik terhadap magic elemental N non elemental...

    BalasHapus
  6. Maksudnya ikutan? Mau ikutan bikin ceritanya ato gimana? Soalnya ini ceritanya sebenernya udah jadi aku tulis. Dan konsepnya juga kira2 udah lengkap.

    Kalo mau ngasih masukan/ saran/ kritik sih ga masalah. Mau soal magic ato yang manapun juga.

    BalasHapus
  7. hm..cuma mau nanya..kok g ada sihir angin y?..klo pendapat ku ancient magic itu sihir kuno(sihir dri masa sebelum kehidupan modern) nah biasanya selalu ada 4 element terpenting..fire,water,earth,wind..dan branch nya..kaya thunder, wood, ice, dan hmm lava (maybe)..oh iya sama element balance:..holy/light..and chaos/dark..hm..nah jdi saya heran kenapa wood ada dan malah wind g ada..oh iya sama element tunggal paling terkenal..hm tapi jarang dipake sih..Time..itu terkenal sebagai ancient magic dri waktu ke waktu..(yg time cuma usulan..dihiraukan juga g apa2)..thats all

    BalasHapus
  8. Aah, angin itu emang masuk salah satu elemen dasar sih. Kenapa ga aku masukin, karena kayanya bisa jadi overpower ntar. Dia bisa nyerang dari jarak dekat sampai jauh, bisa buat motong2 tubuh lawan, ato ngelemparin benda2 besar gitu.

    Dan buat sihir tipe agresif gini, udah diwakilin sama elemen api, jadi aku ga ngerasa perlu bikin satu elemen super agresif lagi. Sebagai gantinya aku masukin elemen pohon/ kayu yang lebih jarang dipake. Sedikit nantang kreatifitas juga sih.

    Soal elemen waktu, thank you. Idenya aku tampung. Kaya yang aku bilang, sihir tiap bangsa bisa beda2. Sapa tau ini bisa aku jadiin bahan buat sihir bangsa lain.

    BalasHapus